Tips Membuat Ban Tubeless Lebih Awet

Ban tubeless atau ban yang tidak memiliki ban dalam adalah tipe ban yang sudah umum digunakan oleh mobil-mobil terbaru. Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti ban tubeless tidak memerlukan perawatan. Agar ban tubeless tetap awet dan tahan lama, anda juga harus melakukan perawatan.

Lalu, sudah tahukah Anda cara merawat ban tubeless? Berikut beberapa tipsnya.

1. Selalu Periksa Tekanan Angin

Tekanan angin merupakan salah satu kunci utama perawatan ban. Biasanya, setiap mobil sudah memberikan rekomendasi nilai tekanan angin ban pada bagian pintu. Namun, jika hal tersebut tidak ditemui, anda tidak perlu bingung. Untuk kebutuhan wajar, tekanan udara ban depan yang direkomendasikan kurang lebih 30 hingga 32 PSi. Sedangkan ban belakang 36-40 PSi.

2. Jangan Asal Tabrak Jalanan Berlubang

Kondisi jalan yang berlubang bisa mempercepat timbulnya kerusakan pada sektor kaki-kaki mobil, termasuk bagian roda, apabila terus menerus melewatinya. Hentakan keras bisa saja membuat velg bengkok atau mengalami keretakan yang akan berdampak secara langsung terhadap ban itu sendiri.

Baca Juga: Kelebihan dan kekurangan mobil dengan penggerak roda belakang

3. Periksa Kondisi Ban dengan Cermat

Langkah berikutnya adalah dengan  rutin memeriksa kondisi ban dengan teliti. Anda perlu memeriksa bahu dan permukaan ban. Jika batas tanda D di bahu ban sudah terlewati, itu tandanya anda perlu segera melakukan penggantian. Anda juga perlu memeriksa seluruh dinding dan tapak ban mobil.

4. Tidak Membawa Beban Berlebihan

Selalu perhatikan batas beban atau beban maksimal yang mampu dibawa oleh mobil anda. Kelebihan muatan jelas akan membuat ban mobil cenderung lebih mudah aus dan rusak. Selain ban, beban muatan berlebih juga bakal memicu kerusakan pada bagian kaki-kaki lainnya, seperti shock breaker.

5. Jangan Cabut Penyebab Kebocoran

Tips terakhir yang harus Anda ketahui saat menggunakan ban tubeless adalah dengan tidak langsung mencabut penyebab kebocoran, semisal paku dan lain sebagainya yang menancap pada ban. Hal itu membuat ban seketika menjadi kempes. Jika anda menemukan benda tersebut menancap pada ban anda, biarkan saja dan terus berkendara dengan normal menuju tambal ban atau bengkel untuk memperbaiki ban tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.