Mitsubishi Pajero Sport Mesin V6 Mivec, Nyaman tapi Boros

mesin v6 mivec pajero sport

Mobil SUV diketahui merupakan mobil yang dirancang khusus untuk melintas di segala medan, baik jalanan perkotaan maupun off road. Dengan demikian, sangat wajar jika mobil jenis ini biasanya dibekali dengan mesin yang bertenaga. Salah satu model SUV yang sering ditemui di jalanan Indonesia adalah Mitsubishi Pajero Sport.

Saat ini, SUV andalan Mitsubishi tersebut dibekali dengan dua pilihan mesin, yakni mesin diesel empat silinder 2,5 liter commonrail turbo berkode 4D56 yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 136 PS pada putaran 4.000 rpm dengan torsi 324 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm, serta mesin diesel 4N15 2,4 liter berteknologi VGT-Intercooler yang sanggup menghasilkan daya mencapai 181 PS pada 3.500 rpm dengan torsi maksimum 430 Nm yang dicapai pada 2.500 rpm.

Meski tenaga yang dihasilkan oleh kedua mesin diesel tersebut cukup mumpuni untuk sebuah mobil SUV, namun Mitsubishi Pajero pernah dibekali dengan sebuah mesin yang memiliki performa yang jauh diatas kedua mesin tersebut, yakni mesin bensin V6 dengan teknologi MIVEC 3.000 cc berbahan bakar bensin, tepatnya pada seri Pajero Sport V6 keluaran tahun 2014.

Tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin tersebut mencapai 220 PS pada putaran mesin 6.200 rpm dengan torsi maksimal 280 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Selain tenaganya lebih gahar, Pajero Sport versi mesin bensin ini juga lebih nyaman dibandingkan versi mesin diesel yang terkenal berisik.

Sayangnya, penjualan Mitsubishi Pajero Sport seri mesin V6 tersebut tidak telalu bagus dan akhirnya disetop pada tahun 2016. Alasannya adalah mesin berbahan bakar bensin jauh lebih boros dibandingkan mesin diesel, meski tenaga yang dihasilkan lebih tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.