5 Tips Mudah Merawat AC Mobil

tips merawat ac mobil fortuner

Setelah membahas penyebab turbocharger mobil cepat rusak, kali ini admin akan memberikan tips merawat AC mobil. Fitur AC seakan-akan sudah menjadi fitur yang wajib dimiliki oleh sebuah mobil. Selain membuat suhu kabin menjadi lebih dingin,  hembusan udara dingin AC juga mampu menghilangkan embun dari kaca mobil, terutama saat hujan, sehingga menjaga visibilitas pengemudi. Saking pentingnya fitur ini, maka pemilik mobil perlu menjaga ataupun merawat komponen ini. Berikut beberapa tips merawat AC mobil, dilansir dari berbagai sumber.


1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Debu dan serpihan kotoran yang ada pada kabin bisa masuk dan menyumbat filter  AC. Sehingga udara dingin tidak dapat dialirkan secara maksimal ke kabin. Selain tidak dapat mendinginkan suhu secara optimal, udara kotor juga akan dialirkan ke seluruh bagian kabin, dimana hal itu akan mengganggu kenyamanan dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

2. Jangan Buka Kaca Mobil saat Berjalan

Untuk meminimalisir udara kotor yang masuk ke dalam kabin, anda juga harus selalu menutup jendela saat berjalan, kecuali untuk beberapa hal penting seperti membayar parkir atau tol. Selain memblokir udara kotor, suhu kabin tetap dapat terjaga.

3. Jangan Merokok di Dalam Mobil

Selain tidak sehat, asap rokok akan meninggalkan aroma yang tidak sedap di kabin anda. Bau rokok sangat sulit dihilangkan dan akan menempel di seluruh sudut kabin. Partikel asap rokok tersebut juga akan masuk ke dalam filter AC, yang berpotensi memperpendek usia AC.

4. Selalu Bersihkan Filter AC Mobil

Filter AC berfungsi menyaring udara sehingga lama-kelamaan bagian filter ini akan penuh dengan kotoran yang bisa menyumbat aliran udara. Oleh karena itu, anda perlu membersihkan filter AC secara rutin agar kebersihan aliran udara di dalam kabin tetap terjaga.

5. Rutin Sevis

Pemilik mobil perlu melakukan servis rutin untuk memastikan mobil selalu dalam keadaan prima, baik mesin, kaki-kaki, kabin, hingga fiturnya, termasuk bagian AC. Servis rutin perlu dilakukan sesuai dengan buku panduan, yakni setiap 6 bulan atau setiap mobil sudah menempuh jarak 10 ribu kilometer.

Leave a Comment

Your email address will not be published.