Fortuner vs Pajero Sport, Mana yang Lebih Gahar?

Berbicara soal mobil di Sport Utility Vehicle (SUV), tentu ingatan kita akan tertuju kepada Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport, mengingat dua mobil tersebutĀ  mendominasi kelas SUV di pasar Indonesia. Mitsubishi Pajero Sport sendiri pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2009, atau empat tahun setelah Fortuner menjalani debutnya.

Sejak Mitsubishi Pajero Sport pertama kali diluncurkan, kedua mobil ini terus bersaing dengan ketat hingga saat ini. Terlebih setelah Mitsubishi memperkenalkan Pajero Sport Facelift 2021 pada Februari lalu, dan Toyota menanggapinya dengan meluncurkan Fortuner GR Sport enam bulan setelahnya.

Secara desain, baik Mitsubishi Pajero Sport maupun Toyota Fortuner sama-sama memiliki tampilan yang gagah dan tangguh. Selain itu, sebagai mobil SUV, keduanya juga fokus pada performa mesin. Lalu, mana diantara kedua mobil tersebut yang lebih baik? Berikut ulasan singkatnya.

Dimensi

Secara dimensi, Mitsubishi Pajero Sport memiliki ukuran pajang 4.825 mm x lebar 1.814 mm, dan tinggi 1.835 mm, serta jarak sumbu roda atau wheelbase 2.800 mm. Ukuran tersebut sedikit lebih besar dibanding Toyota Fortuner yang memiliki dimensi panjang 4.795 mm x lebar 1.855 mm x tinggi 1.835 mm, dan wheelbase 2.745 mm.

Interior dan Fitur

Pada bagian interior, kedua mobil ini sudah dibalut dengan material leather atau kulit pada sejumlah bagian seperti jok, setir hingga ke shift knob. Berbagai fitur hiburan dasar juga tersedia pada kedua mobil ini, seperti head unit touchscreen, AC otomatis, konektivitas smarthphone, USB, Bluetooth.

Soal fitur keamanan, baik Mitsubishi Pajero Sport maupun Toyota Fortuner juga sudah dibekali dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap. Mitsubishi Pajero sport facelift diketahui sudah dilengkapi denganĀ  7-SRS Airbag, Active Stability & Traction control (ASTC), Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, serta Brake Assist. SUV buatan Mitsubishi ini juga sudah dibekali denngan teknologi RISE.

Sementara itu,  Toyota Fortuner sudah memiliki fitur kamera 360 derajat yang dilengkapi dengan beberapa fitur lain seperti Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection and Headway Monitoring Warming dan wireless charging.


Performa mesin

Adapun soal performa mesin,  dapur pacu, Pajero Sport terbaru menggunakan mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.442 cc dengan VGT-Intercooler yang mampu melecutkan tenaga hingga 181 Tk pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi 430 Nm per 2.500 Nm. Tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Sedangkan Toyota Fortuner hadir dengan mesin diesel berkode 2GD-FTV 2.393 cc turbo dengan  tenaga maksimal 149,6 ps atau setara dengan 147 Tk dan torsi puncak 40,8 kgm atau setara dengan 400 Nm.

Namun, Toyota Fortuner juga tersedia dalam pilihan mesin bensin. Mesin tersebut berkapasitas 2.694 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga 160 Tk dan torsi puncak 242 Nm.


Harga

Bicara soal harga, Mitsubishi Pajero Sport dijual mulai Rp 532,8 juta untuk tipe Exceed 4×2 MT, sedangkan untuk tipe Dakar Ultimate 4×4 AT dibanderol dengan harga Rp 698,7 juta.

Sementara itu, Toyota Fortuner dibanderol dengan harga Rp 493 juta untuk tipe G, sedangkan untuk tipe tertinggi, GR Sport, ditawarkan mulai  Rp 554,7 juta.

Leave a Comment

Your email address will not be published.