Kelebihan Sistem Transmisi AGS pada Suzuki Ignis

Selain memiliki desain yang menarik layaknya mini SUV, keunikan lain Suzuki Ignis terletak pada pilihan sistem transmisinya. Mobil CBU India ini hadir dalam dua opsi transmisi, yakni manual 5-percepatan dan AGS (Auto Gear Shift) yang berbeda dari sistem transmisi automatic konvensional.

Apa bedanya transmisi AGS dengan automatik konvensional?

Pada dasarnya, sistem transmisi AGS adalah transmisi manual. Hanya saja tidak memiliki pedal kopling. Perpindahan giginya dilakukan secara otomatis memanfaatkan sistem kelistrikan mobil (ECU).

Cara kerja tranmisi AGS sendiri mengalihkan fungsi pedal kopling kaki ke kopling hidrolik yang dikontrol oleh Transmission Control Module (TCM) dan Electronic Control Unit (ECU). Ketika mode otomatis diaktifkan, sensor yang ditanam pada mesin akan menyesuaikan atau memindah gigi secara otomatis berdasarkan putaran mesin. Perbedaan lain yang terdapat pada transmisi AGS adalah absennya mode P. Sehingga anda hanya perlu memposisikan tuas persneling di mode N atau Netral dan mengaktifkan rem parkir saat memarkirkannya.

Lalu, apa sih kelebihan sistem transmisi AGS ini? Berikut ulasannya.

1. Lebih Nyaman Saat TErjebak Kemacetan

Seperti halnya transmisi automatik konvensional, sistem transmisi AGS tidak menggunakan pedal kopling untuk mengoper gigi. Hal tersebut membuat Suzuki Ignis juga memiliki fungsi creeping atau bergerak secara perlahan tanpa perlu menginjak pedal gas. Anda hanya perlu memainkan pedal rem saat terjebak kemacetan.

2. Transmisi AGS Bisa Melakukan Engine Brake

Meski secara pengoperasiannya cukup mirip dengan transmisi automatic, namun transmisi AGS pada dasarnya adalah transmisi manual. Sehingga, mobil masih bisa melakukan engine brake, yang mana hal tersebut bisa membuat kampas rem menjadi lebih irit. Untuk melakukannya, anda dapat memindahkan tuas perseneling dari posisi D ke posisi M lalu geser keatas atau minus (-).

3. Lebih Hemat Kopling

Meski tidak memiliki pedal kopling, transmisi AGS sebenarnya masih menggunakan kopling kering. Hanya saja, koplingnya dikendalikan secara otomatis oleh sistem kelistrikan mobil, sehingga kopling pada transmisi AGS lebih irit dibanding transmisi manual.

4. Lebih Irit BBM

Suzuki Ignis varian transmisi AGS diyakini sedikit lebih hemat BBM dibandingkan dengan transmisi manualnya. Menurut klaim, Suzuki Ignis transmisi AGS mampu melahap 18 hingga 19 km per satu liter bensin untuk rute dalam kota, dan 22 km/liter untuk rute perjalanan luar kota.

Leave a Comment

Your email address will not be published.