Pilih Honda Jazz Bekas atau Honda Brio Baru?

Kendaraan hatchback kompak masih menjadi salah satu pilihan terbaik untuk masyarakat perkotaan. Meski memiliki mesin berkapasitas kecil namun dimensinya cukup ringkas dan relatif irit BBM. Tak hanya itu, beberapa mobil hatchback memiliki desain yang sporty, seperti Honda Jazz atau Honda Brio. Kedua mobil tersebut ditawarkan dengan harga yang relatif murah, yakni di bawah Rp 200 juta. Hanya saja, Honda Jazz sudah diskontinyu dari pasar Indonesia sejak Maret 2021 lalu, sehingga anda hanya bisa membelinya dalam kondisi bekas. Sementara Honda Brio hingga saat ini masih menjadi ujung tombak Honda di kelas hatchback LCGC. Lalu, mana yang lebih baik diantara keduanya?

Performa Cukup

Honda Brio RS hadir dengan mesin empat silinder 1,2 liter i-VTEC SOHC yang sanggup menghembuskan daya maksimal 90 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm per 4.800 rpm. Angka itu diklaim paling tinggi di kelas hatchback LCGC. Sedangkan Honda Jazz RS diketahui bermain di kelas yang lebih tinggi dibanding Honda Brio. Sehingga wajar jika performa mesinnya lebih besar. Honda Jazz mengusung mesin berkapasitas 1,5 liter yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 120 PS plus torsi maksimal 145 Nm. Soal transmisi, kedua mobil ini sama-sama memiliki pilihan transmisi automatic CVT. Penggunaan sistem transmisi ini membuat akselerasi mesin menjadi sangat smooth atau halus sehingga sangat nyaman digunakan untuk jalanan perkotaan dengan lalu lintas padat.

Harga Bersaing

Meski sudah disuntik mati, namun Honda Jazz hingga kini masih banyak diburu oleh konsumen, terutama unit bekasnya. Honda Jazz tipe RS CVT keluaran tahun 2017 untuk wilayah Jabodetabek ditawarkan di kisaran Rp 220 jutaan tergantung kondisi. Namun, jika anda menginginkan unit yang lebih baru, Honda Jazz tipe sama lansiran tahun 2018 bisa menjadi salah satu opsi. Hanya saja, anda perlu merogoh kocek hingga Rp 235 jutaan.

Namun jika budget anda terbatas, Honda Brio RS layak anda perhitungkan. Pasalnya, Honda Brio kondisi gress atau baru dijual dengan harga Rp 178 jutaan untuk tipe terendahnya, yaitu RS M/T dan Rp 200 jutaan untuk tipe RS CVT Urbanite Edition.

Kesimpulan

Jika anda menginginkan performa mesin dan tidak masalah dengan mobil bekas, Honda Jazz bisa menjadi pilihan yang cukup menggiurkan. Mengingat mobil ini terbukti mendominasi kelas hatchback Tanah Air sejak diluncurkan pertama kali pada 2003 hingga 2021. Namun, jika anda memiliki budget yang terbatas dan menginginkan mobil yang irit BBM dan kemudahan perawatan, Honda Brio layak anda pinang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.